Minggu, 01 November 2009

PERAN TNI MEMPERTAHANKAN DAN KEAMANAN di WILAYAH AMBALAT

LATAR BELAKANG
Indonesia adalah negara kepulauan yang terdiri dari 17.508 buah pulau besar dan kecil , sedangkan luas daratanya ± 1,9 juta km dan luas perairan 2/3 dari seluruh wilayah.
Melihat geografi indonesia yang begitu luas dan kaya akan sumber mineral tidak menutup kemungkinan negara-negara lain untuk memasuki wilayah indonesia dan mengambil SDA yang tersedia cukup banyak.
Wilayah ambalat adalah salah satu potret wilayah indonesia yang kaya akan cadangan minyak dan gas yang dapat dimanfaatkan hingga 30 tahun kedepan. Hal inilah yang membuat daya tarik negara lain untuk memasuki wilayah NKRI.
Memang tidak mudah mempertahankan dan memberi rasa aman kepada bangsa ini, namun setidaknya kendala-kendala yang dihadapi dapat terpenuhi dengan adanya kekuatan perlawanan bersenjata bela negera , hal ini menerangkan bahwa TNI dan segenap komponen pertahann indonesia telah memberikan sumbangan tenaga,pikran,pengorbanan untuk mempertahankan dan memeberikan rasa aman kepada bangsa indonesia.

RUMUSAN MASALAH. 
a. Apa pengertian pulau Ambalat ? 
b. Apa peran TNI di wilayah Ambalat?
c. Faktor apa yang mendukung pertahaan dan keamana wilayah Ambalat ?


A . Pengertian pulau Ambalat

Secara historis pulau Ambalat dan pulau kecil lainya seperti Sipadan dan Ligitan terletak di wilayah Kesultanan Bulungan yang kini menjadi salah kabupaten di Provinsi Kalimantan timur.Blok Ambalat masuk dalam wilayah indonesia tahun 1980, berdasarkan deklarasi juanda tahun 1967, dengan luas wilayah 6.700 kilometer persegi. Dan diketahui Blok Ambalat mengandung minyak dan gas yang dapat dimanfaatkan hingga 30 tahun kedepan.
Tidak dapat diterima jika Malaysia Klaim pulau Ambalat , setelah sebelumya mengklaim Sipadan dan Ligitan. Masalah timbul saat Mahkamah Internasional memutuskan Pulau Sipadan dan Ligitan milik Malaysia tahun 2002. Sejak saat itu Malaysia mengklaim sebagian Blok Ambalat yakni Blok ND 6 dan ND 7 yang kaya minyak menjadi miliknya. Bahkan tahun 2003, Malaysia memberikan konsensi ke Petronas dan Shell.Tahun 2005, hubungan kedua negara mulai memanas setelah kapal perang Malaysia melakukan provokasi dengan memasuki wilayah Ambalat. Sejak saat itu kapal perang Malaysia tak henti memasuki wilayah Ambalat tanpa ijin. Tahun 2008, tercatat lebih dari 26 kali terjadi dan di tahun 2009 telah terjadi hingga 11 kali. Tidak hanya itu saja pesawat siper king milik Malaysia sudah 2 kali melawati batas wilayah udara indonesia . Terakhir pesawat pengintai terbang di atas 3 kapal indonesia yaitu KRI Nuku,KRI Wiratno. KRI Rencong yang tenggah berpatroli.
Akar persoalan kasus sengketa Ambalat ini terjadi akibat tidak adanya kesepakatan garis batas landas kontinen antara Indonesia dan Malaysia di Laut Sulawesi.
Sedangkan kesepakatan garis batas antara Indonesia dan Malaysia, yaitu mengenai Selat Malaka dan Laut Cina Selatan sehingga dalam kesepakatan itu jelas kawasan apa saja yang menjadi kepemilikan Indonesia.Dikatakan, Indonesia adalah negera kelautan yang memiliki bukti dan dokumen sejak peninggalan pemerintah Belanda yang sangat kuat mengenai Nusantara yang memuat hukum laut dan batas garis pangkal nusantara dan batas laut dasar sampai pantai dasar serta di mana posisi perairan Indonesia berada sampai 200 mil dari Zona Ekonomi Eksklusif.
"Sementara mereka baru menetapkan hukum laut dan mengklaim kepemilikan Ambalat tahun 1979.
Dengan demikian mereka secara hukum tidak mempunyai hak cukup kuat sebagai bukti kepemilikan Ambalat. Apapun yang terjadi,Pulau Ambalat adalah harga mati untuk INDONESIA.


B. Peran TNI di wilayah Ambalat.
TNI adalah komponen pertahanan terbesar dan utama di indonesia Keberadaan TNI sangat penting dan berpengaruh terhadap pertahanan NKRI.Karena TNI dituntut kesiapsiagaan dan ketanggapanya dalam mempertahaankan keamanan NKRI.TNI berfungsi penindak dan penyanggah awal terhadap setiap ancaman yang datang dari dalam atau luar negeri.Kita tau bahwa konsep pertahanan nasinal adalah menghancurkan dan melumpuhkan musuh baik di wilayah sendira, ketika menuju perjalanan indonesia, ketika di ambang pintu masuk wilayah perairan dan udara indonesia, ketika musuh berhasil masuk di perairan dan uadara di indonesia, ketika musuh berhasil mengadakan aksi-aksi pedaratan dan ketika berhasil menduduki sebagian daratan . Tidak lepas dari itu, konsep keamanan nasinal pun turut berperan seperti mengagalkan usaha-usaha dan kegiatan musuh dalam bentuk infiltrasi dan subversi di bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial-budaya, dan militer didalamnegeri.Dengan terbitnya UU RI no 2 tahun 2002, tentang kepolisian negara RI menjelaskan bahwa konsep keamanan berada di bawah wewenang POLRI. Meskipun POLRI keluar dari TNI. namun keduanya saling imbal-balik untuk mempertahankan dan keamanan NKRI.
Peran TNI di wilyah Ambalat adalah salah satu potret kecil dari tugas-tugas TNI.TNI mengemban Amanh untuk mempertahankan wilayah NKRI, agar memberi rasa aman kepada masyarakat indonesia, dengan tenaga, pikiran, kesiapsiagaan serta pengorbanan . Bahkan nyawa sekalipun diberikan untuk mempertahankan NKRI. saat ini sekitar 12 pulau di wilayah Indonesia yang memiliki masalah-masalah perbatasan. Di perbatasan Malaysia, selain di sekitar Ambalat, juga ada potensi bermasalah di Pulau Berhala. Lalu Pulau Rondo, wilayah barat Indonesia berbatasan dengan negara India. Pulau-pulau lain, Pulau Nipah berbatasan dengan Singapura, Pulau Sekatung dengan Vietnam, Pulau Marore, Miangas dan Pulau Marampit dengan Filipina, Pulau Beras, Fani, Fanilda dengan Republik Palau (sebelah utara Irian), lalu dengan Timor Leste ada Pulau Bate, dan Pulau Dana yang berbatasan dengan Australia. 


 











C. Faktor yang mendukung pertahaan dan keamanan wilayah ambalat.

Sistem pertahanan dan keaman tergantung pada berbagai hal,termasuk konfigurasi geografi negara(lingkungan), kita mengenal sistem pertahanan yang berorentasi pada matra darat (kontinen), matara udara (dirgantara) , matra laut (maritim) dan ketiganya saling berkombinasi.
Indonesia adalah negara kepulauan dan perairanya sangat luas. Setiap komponen pertahahandiberikan fasilitas-fasilitas pendukung agar mempermudah dalam mempermudah dalam menjalankan tugasnya. Tidak hanya itu saja, TNI pun di bekalia kemamapuan intelijen strategi, kemampuan pembinaan wilayah, kemampuan lawan subversi, kemampuan lawan kerusuhan massal, kemampuan lawan teror, kemampuan pengamatan laut, kemampuan pengintaiyan dan perondaan lepas pantai, kemampuan lepas pantai, kemampuan peperangan laut, kemampuan pengamatan laut, kemampuan pertahanan laut, kemampuan penyerangan udara, kemampuan peperangan amfibi, kempuan penyerbuan lintas udara, kemampauan lawan gerilya, kemampuan pemindahan stategi, kemampuan penertiban masyarakat, kemampuan penyelamatan masyarakat, kemampuan peperangan hukum dan kemempuan peperangan wilayah.
Seperti ketika terjadi perlawanan memanas di pulau Ambalat.untuk menjaga kedaulatan ,TNI mengerahkan 9 kapal perang,2 pesawat boeing 737 dan satu jet tempur Shukoi. 
Daftar Pustaka

a. Amin,Zainul Ittihad.(2009).Pendidikan Kewarganegaran.Jakarta.Universitas Terbuka.
b. Indosiar.com
c. kapanlagi.com
d. suarapembaharuan.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar